Cegah diabetes dengan 5 langkah sederhana agar terhindar dari komplikasi

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Prinsip yang sederhana tetapi perlu niat dan tekat yang kuat untuk menerapkannya.
Tips mencehag diabetes

Dalam kasus penderita diabetes hal yang paling sering ditemui untuk permasalahan ini adalah terlambatnya indikasi diketahuinya nilai kadar gula darah pada pasien. Kebanyakan pasien datang ke petugas medis untuk periksa dan diketahui bahwa kadar gula darahnya sudah lebih dari batas normal.

Sebetulnya hal ini bisa diatasi dengan langkah-langkah pencegahan, namun seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa mencegah perlu niat dan tekat yang lebih kuat.

Berikut ini 5 langkah sederhana mencegah diabetes yang bisa anda lakukan :

1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Jangan tunggu merubah pola hidup sampai anda terdiagnosa penyakit, lakukan dari sekarang !!

Pola hidup sehat bisa anda lakukan dengan cara seperti berolahraga secara rutin, mengontrol dan mengubah pola makan anda.

Lakukan bertahap, jangan paksa tubuh anda berubah secara instan. Atur ritme olah raga anda secara bertahap dan jadikan kebiasaan secara rutin.

Ubah pola makan anda secara bertahap pula, sangat sulit untuk mengurangi makan sesuatu yang kita sukai  tapi demi kesehatan sebaiknya anda merelakannya.

Anda tidak harus meninggalkan apa yang anda sukai, anda hanya perlu mongontrol makanan yang anda konsumsi agar mendapatkan nilai gizi yang sesuai dengan yang tubuh butuhkan.


2. Perhatikan asupan karbohidrat anda

Hal yang jarang diperhatikan oleh kita adalah mengetahui seberapa besar kadar karnohidrat dari makanan yang kita konsumsi. Masing masing makanan yang kita konsumsi akan memberikan angka karbohidrat yang berbeda beda. 

Saat ini banyak informasi yang bisa kita dapatkan untuk mengetahui seberapa besar kadar karbohidrat dari makanan. Setelah kita bisa tahu kadar krbohidrat dari makanan yang kita makan, kita bisa memilah dan memilih makanan apa yang sesuai dengan jumlah karbohidrat yang kita butuhkan.

3. Perbanyak makanan yang berserat

Makanan berserat terbukti sangat baik untuk kesehatan. Makanan berserat juga akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama bagi tubuh kita, hal ini tentunya akan sangat baik karena akan mempengaruhi intensitas jumlah makanan kita.

Selain itu, makanan berserat juga terbukti mampu menurunkan resiko beberapa penyakit selain diabetes yaitu hipertensi ,penyakit jantung dan kolesterol.

4. Hindari stress

Beberapa penelitian di luar negeri menyebutkan bahwa salah satu pemicu meningkatnya kadar gula darah adalah stress.

Agar kadar gula darah tidak naik karena faktor stress, maka yang perlu kita buat adalah melakukan manajemen stress. Tubuh sebisa mungkin kita buat relaks dan santai, kurangi beban pikiran dan berikan istirahat yang cukup untuk tubuh kita.

5. Kontrol gula darah dengan melakukan pengecekan rutin.

Lakukan pengecekan gula darah secara rutin. Jika memungkinkan sediakan alat pengukur gula darah yang akurat di rumah anda. Pastikan hasil angka gula darah yang anda dapatkan masih berada di batas normal.

Catat hasil pengecekan gula darah anda, lalu konsultasikan ke dokter keluarga anda untuk mendapatkan saran yang terbaik.

Ingat !! Jangan pernah sekali-sekali langsung memberikan dignosis atau penhobatan atas hasil dari alat yang anda pakai

Tidak semua alat cek gula darah yang ada di pasaran memberikan hasil yang baik dan benar. Pilihlah alat yang memiliki standart akurasi yang terbaik. Semua alat cek gula darah akan memberikan hasil angka gula darah, tapi tidak semua hasil yang dikeluarkan selalu tepat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cegah diabetes dengan 5 langkah sederhana agar terhindar dari komplikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel