7 Oleh-Oleh khas Semarang yang paling banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Semarang

Lebaran tiba, waktunya untuk pulang ke kampung halaman, Bertemu dengan sanak saudara untuk saling bermaaf-maafan dan melepas kerinduan. Lebaran identik dengan kata mudik yang diartikan sebagai waktu untuk pulang ke daerah asal setelah setahun lamanya merantau di negeri orang.
Pusat oleh oleh semarang jalan pandanaran

Salah satu hal yang paling sering dilakukan pada saat mudik adalah berburu makanan khas daerah asal. Mencari dan mengenalkan makanan yang di daerah perantauan terkadang tidak bisa kita temukan sekaligus bernostalgia dengan kenikmatan kuliner penuh kenangan masa lalu di kampung halaman.

Selain menikmati makananan khas kampung halaman langsung dari tempat asalnya, kita juga biasanya mencari makanan khas daerah untuk dibawa kembali ke perantauan sebagai bentuk oleh oleh kepada teman atau saudara di perantauan. Terkadang ada kebanggaan tersendiri di dalam hati untuk bisa memperkenalkan makanan khas daerah kita ke teman - teman di kantor atau di lingkungan sekitar tempat kita tinggal di perantauan.

Berikut ini 7 makanan khas semarang yang bisa dijadikan oleh- oleh pada saat kembali ke Kota Perantauan.


1. Lumpia Mataram - Semarang

Lumpia adalah makanan yang berbahan dasar rebung atau bambu muda, diolah dengan daging dan bumbu khusus kemudian dibungkus dengan kulite tepung dan digoreng. Biasanya lumpia disajikan bersama acar atau saus sambal.
lumpia daging khas semarang

Jika anda mampir ke toko oleh oleh lumpia, anda bisa memilih 2 jenis lumpia untuk dibawa pulang, lumpia basah dan lumpia kering. Lumpia basah adalah lumpia yang belum digoreng, anda bisa menyajikannya sesuai selera anda. Sedangkan lumpia kering adalah yang siap disantap dan sudah digoreng. Keduanya cukup aman untuk dibawa selama beberapa hari pejalanan.

2. Bandeng Juwana 

Makanan olahan ikan bandeng ini sangat terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas dari kota Semarang. saat ini Bandeng Juwana sudah disediakan dalam berbagai bentuk olahan makanan seperti Bandeng presto, otak-otak bandeng, bakso bandeng dan lain - lain.
bandeng juwana oleh oleh semarang

Bandeng Juwana Semarang harga yang ditawarkan sangat bervariatif, tergantung dari merk dan tempat dimana kita membelinya. Untuk mendapatkan oleh - oleh bandeng juwana ini salah satunya kita bisa mencari di kawasan perbelanjaan oleh oleh semarang di daerah Jalan Pandanaran Semarang.

3. Tahu Baso Ungaran

Tahu baso khas dari kabupaten Semarang ini juga sudah menjadi salah satu ikon oleh-oleh khas kota semarang. Salah satu nama merk dagang yang terkenal adalah tahu Baso Semarang Bu Pudji. untuk mendapatkannya anda tidak harus datang ke ungaran tetapi cukup mampir ke salah satu gerai Tahu Baso Bu Pudji yang ada dijalan Pamularsih No 15 Semarang, letaknya hanya perlu ditempuh selama 15 menit dari bandara Kota Semarang.
tahu baso bu pudji ungaran semarang

Harga per porsi untuk Tahu Baso Ungaran Bu Pudji berkisar di harga 30 ribuan, anda bisa memilih du varian yang tersedia yaitu Tahu Baso Goreng atau tahu baso Rebus. Untuk daya tahan tahu baso ini bisa bertahan 2 - 3 hari jika dismpan di dalam freezer. 

4. Kue Mochi

Kue Mochi adalah kue berbentuk bulat dan bertekstur lembut dan kenyal , Kue ini terbuat dari tepung Ketan dan didalamnya diisi dengan berbagai isian seperti kacang, gula dan karamel. 
Kue Mochi gemini semarang

Kue Mochi ini sangat disukai oleh wisatawan karena rasanya enak dan cocok untuk dibawa sebagai makanan khas dari kota semarang. Kue Mochi Gemini Semarang adalah salah satu yang paling terkenal dan banyak dijadikan oleh oleh. Gerai Pusat Kue Mochi Gemini terletak di jalan Kentangan Barat No 101 Semarang. Harga untuk satu kotak kue Mochi Semarang biasanya antara 30 - 40 ribu per kotak.
Gerai Kue Mochi Gemini

Kue Mochi Semarang tahan berapa lama tergantung dari penyimpanan dan kondisi suhu di sekitarnya, namun untuk kondisi normal biasanya kue Mochi bisa bertahan sampai satu minggu. meskipun begitu pembuatan Kue Mochi ini tidak menggunakan pengawet sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.

5. Roti Ganjel Rel

Untuk oleh oleh yang satu ini memang tidak begitu populer dibanding beberapa oleh oleh yang saya sebutkan, tapi keunikan nama dan cita rasanya membuat saya menyertakan roti ganjel rel sebagai salah satu oleh oleh khas semarang yang wajib anda cicipi dan bisa anda bawa kembali ke daerah perantauan. Tekstur roti ini sedikit keras dan alot namun tetap nikmat di lidah, terdapat taburan wijen mirip seperti yang kita lihat di kue Onde-Onde.
roti ganjel rel semarang

Nama Roti ganjel rel adalah berasal dari bahasa jawa yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya roti tatakan rel kereta api. Kenapa di sebut sebagai ganjel rel / tatakan rel kereta api ? karena bentuknya yang mirip seperti tatakan rel kereta api jaman dahulu yang terbuat dari kayu.

Salah satu Toko yang menjual Roti Ganjel Rel adalah Dyriana Bakery yang juga terletak di Jalan Pandanaran Semarang tidak jauh dari gerai bandeng juwana.

6. Wingko Babad Kota Lama

Kue yang terbuat dari parutan kelapa ini juga salah satu oleh-oleh khas semarang yang sudah cukup terkenal sebagai makanan khas Kota Semarang yang paling banyak dicari untuk dibawa sebagai oleh-oleh.
wingko babad kereta api semarang

Salah satu merk wingko Babad Khas semarang yang terkenal adalah Wingko Babat Cap Kereta api yang bisa anda dapatkan di gerai pusatnya yang ada di jalan Cendrwasih Semarang. Lokasi Gerai wingko ini terletak di kawasan kota lama tidak jauh dari Stasiun kereta api Tawang dan Gereja Blenduk.

Saat ini Wingko Babat tidak hanya memiliki rasa original tetapi sudah banyak memiliki varian rasa seperti rasa coklat, kelapa, pandan dll.
Harga yang ditawarkan biasanya dihitung per satuan sekali makan. Wingko memang dikemas dalam bungkus Kertas sekali makan sehingga membuatnya sedikit awet meskipun dibuat tanpa pengawet makanan.
harga wingko Babad Kerat api

Harga per pcs wingko mulai dari 2000 an sampai 3000 . anda bisa memesan sekaligus dan di packing dalam bungkus box yang sudah disediakan.

7. Torakur Bandungan

Torakur adalah sejenis makanan olahan yang berbahan dasar tomat kering yang berasal dari kabupaten semarang tepatnya di kecamatan bandungan. Makanan ini bisa dikategorikan sebagai manisan sehingga awet dan tahan lama cocok untuk dijadikan sebagai oleh oleh . Teksturnya dan penampakannya sepintas terlihat seperti buah kurma. Mungkin karena itulah makanan ini diberi nama Torakur yang mungkin merupakan singkatan dari kalimat " Tomat Rasa Kurma ". Dengan merogoh kocek sebesar 20 ribuan anda bisa mendapatkan sebungkus torakur untuk dijadikan oleh oleh.
Torakur Khas ungaran semarang

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Oleh-Oleh khas Semarang yang paling banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel