Iklan header

Referensi lokasi Kuliner Khas Kota Kudus yang wajib dicoba

Kudus merupakan salah satu kota Kabupaten yang paling berkembang di pesisir utara Jawa Tengah. Selain merupakan kota Industri, Kota  Kudus juga dikenal mempunyai kuliner yang Khas dan unik. Tak salah jika para pecinta kuliner pasti meluangkan waktu untuk berburu makanan khas Kudus saat berkunjung.

Berikut ini kami sajikan referensi 5 lokasi Kuliner Khas Kudus beserta lokasi yang paling dicari dan wajib dicicipi pada saat berkunjung ke kota Kudus.

1. Soto Kudus




Saat ini gerai soto kudus sudah banyak ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Soto Kudus sudah bisa diterima di lidah berbagai masyarakat di beberapa daerah. Namun meskipun begitu, rasanya akan sangat berbeda jika kita bisa menikmati soto Kudus langsung di Kota Kudus sendiri.

Soto Kudus sendiri terdiri dari dua pilihan, yaitu soto daging Kerbau dan daging ayam. Untuk daging ayam mungkin sudah lazim digunakan untuk penyajian soto di beberapa daerah lain. Lalu kenapa Soto Kerbau? bukannya soto daging sapi? Ternyata penggunaan daging kerbau sebagai pilihan pengganti daging sapi disebabkan karena ada keterikatan sejarah penyebaran agama Islam di Kota Kudus oleh Sunan Kudus.

Pada saat itu Sunan Kudus mengeluarkan larangan penyembelihan sapi sebagai bentuk penghormatan untuk masyarakat Hindu yang menganggap Sapi Sebagai salah satu hewan yang disucikan pada waktu itu.

Dan terlepas dari hal itu, dari beberapa informasi yang saya baca, ternyata daging Kerbau memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah dibanding daging hewan lainnya sehingga lebih baik untuk mengurangi resiko naikknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut ini kami informasikan beberapa referensi lokasi Rumah makan yang menyajikan Soto Khas kudus :

  1. Pujasera Taman Bojana : terletak di pusat Kota sekitar alun-alun kota kudus. Disini anda bisa menemukan beberapa pilihan warung soto Kudus dan menu masakan lainnya. Taman Bojana juga merupakan pusat lokasi kuliner Khas Kudus yang paling lengkap.
  2. Soto Kudus Bu Jatmi : Terletak di Jl. KH Wahid Hasyim No. 43. Buka mulai jam 7.30 sampai malam hari.
  3. Soto Pak Denuh : Terletak di salah Komplek Kuliner Taman Bojana Kudus dan di Jalan AKBP Agil Kusumadya Jati Kulon.
Sambil mencicipi Soto Kudus , anda juga bisa pulang dan membawa oleh oleh resep Rahasia Soto Kudus berikut ini untuk coba membuatnya sendiri di Rumah :

Resep Masakan Soto Kerbau Khas Kudus

Bahan Bahan :
  • Daging Kerbau - 500 Gram (bisa diganti daging sapi)
  • Serai - 2 batang di memarkan / digeprek
  • Jahe dan lengkuas - 2 cm dimemarkan / digeprek
  • Daun salam - 2 Lembar
  • Daun Jeruk - 3 lembar
  • Garam dan Gula Pasir Secukupnya, kurang lebih 2 sdt sesuai selera
  • Minyak goreng untuk menumis Bumbu

Bumbu Halus :
  • Bawang Putih - 4 butir
  • Bawang Merah - 2 butir
  • Kemiri sangrai - 2 Butir
  • Kunyit Bakar - 2 cm
  • Ketumbar - 1 sdt
  • Jinten - 1/4 sdt

Bahan Pendukung :
  • Tauge
  • Bawang Goreng ( biasanya soto Kudus memakai bawang putih goreng)
  • Irisan Seledri atau daun bawang (sesuai Selera)

Cara Memasak :
  1. Rebus daging Kerbau / Sapi menggunakan panci presto kurang lebih selama 15 menit, kemudian tiriskan.
  2. Persiapkan 2 liter air untuk merebus kembali daging, kemudian masukkan Serai, Lengkuas, Jahe, daun Salam, Daun Jeruk dan Garam. Masak sampai daging benar benar empuk. Jika sudah empuk, Ambil dan tiriskan daging lalu potong potong berbentuk persegi untuk memudahkan penyajian.
  3. Langkah selanjutnya adalah menumis semua bumbu halus hingga harum dan matang. Sesudah matang, masukkan tumisan bumbu halus ke dalam air rebusan daging sebelumnya. Tambahkan gula pasir sesuai selera, cicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera anda lalu biarkan sampai mendidih.
  4. Sambil menunggu kuah matang, anda bisa mempersiapkan bahan pendukung nya, Rendam Tauge dengan air panas lalu tiriskan.
  5. Sajikan Soto Beserta nasi hangat, tambahkan irisan daging kerbau dan daun bawang serta tauge diatasnya. Lalu siram dengan Kuah Soto dan taburi dengan Bawang goreng. Jika anda penyuka rasa pedas tambahkan sambal sesuai selera. Selamat Mencoba.


2. Garang Asem Kudus

Masakan yang satu ini akan menjadi favorit bagi mereka yang menyukai masakan yang bercita rasa Asam dan Pedas. Garang Asem adalah makanan yang berisi daging ayam atau jeroan lalu dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus.



Rasa pedas dan asam yang ada pada Garang Asem Kudus diperoleh dari irisan cabai dan tomat,lalu ditambah dengan bumbu rempah khusus yang menghasilkan cita rasa asam dan pedas yang membakar di lidah.

Dan ternyata, meskipun di beberapa kota lain ada yang mempunyai nama masakan yang sama, namun rasa dan cara penyajiannya bisa saja berbeda.

Jika anda ingin mencoba pedasnya garang asem Kudus, anda bisa mampir ke RM Sari Rasa yang bisa anda temukan di sebelah kiri jalan utama menuju pusat kota kudus jika anda datang dari arah Kota Semarang, atau di cabang mereka yang ada di depan Polres Baru Kota Kudus arah menuju Kota Pati.

3. Nasi Pindang Kudus

Nasi Pindang Kudus adalah Nasi yang disajikan dengan kuah pindang dan berisi irisan daging Kerbau dan daun melinjo atau di Kudus biasa disebut daun So.


Tampilan dari Nasi Pindang Kudus sepintas hampir serupa dengan Nasi Rawon khas Jawa timur. Perbedaannya adalah pada Nasi Pindang Kudus terdapat santan sedangkan Rawon tanpa menggunakan santan selain itu Rawon biasanya memakai daging Sapi , sedangkan padaNasi Pindang Kudus menggunakan daging Kerbau.

Kuah yang berwarna hitam pekat pada Nasi Pindang Kudus merupakan hasil dari bumbu dapur utamanya yaitu Kluwak atau Kluwek.

Jika anda ingin mencicipi Nasi Pindang Kudus, anda bisa menemukannya di pusat Pujasera taman Bojana atau di beberapa lokasi lain yang terdapat di Kota Kudus.

4. Lentog Kudus



Makanan yang satu ini mungkin jika di kota lain lebih dikenal dengan sebutan Lontong sayur atau Kupat Sayur. Namun yang menjadikannya sedikit berbeda dan unik adalah ukuran Lontong yang dibuat melebihi ukuran lontong pada umumnya.

Lentog Kudus disajikan menggunakan sayur lodeh nangka ditambah dengan Sayur "Kotokan" tahu. Harganya yang cukup ekonomis, seporsi kurang lebih hanya di kisaran 4 ribuan membuatnya menjadi makanan favorit yang murah meriah namun nikmat di lidah.

Lentog Kudus bisa anda temui di kawasan pujasera Desa Tanjung Kudus. Disini terdapat banyak pilihan warung penjual lentog Tanjung.

Menurut saya,waktu paling pas untuk menyantap lentog tanjung adalah pada saat pagi hari. Lentog bisa dipakai sebagai menu sarapan pagi yang nikmat disanyap setelah melakukan aktifitas olahraga pagi.

5. Sate Kerbau

Mampir ke Kota Kudus akan sangat disayangkan kalau tidak mencicipi sate Khas Kota Kudus ini. Dari namanya saja mungkin anda sudah tahu bahan dasar dari sate ini.


Sejarah dari sate Kerbau Kudus memang hampir sama dengan soto kudus, Pemilihan daging kerbau dikarenakan adanya wasiat Sunan Kudus yang menyarankan untuk tidak menyembelih Hewan Sapi.
Sate kerbau dibuat dari daging kerbau yang sudah dicincang halus sehingga pada saat anda gigit tidak akan terasa alot ataupun keras. Sate Kerbau disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu manis khusus. Jika ada ingin menambahkan rasa pedas, biasanya anda bisa menambahkan cabe kukusan yang disediakan di meja saji.

Satu porsi sate kerbau berisi sepuluh tusuk biasanya dijual seharga 25 ribu - 35 ribu rupiah. Paling nikmat dimakan bersama nasi putih panas yang dibungkus daun jati.

Anda bisa dan wajib mencoba mencicipi sate kerbau ini jika mampir ke Kota Kudus. Salah satu lokasi kuliner sate kerbau yang kami referensi kan dan khusus menjual sate kerbau adalah Warung makan Sate 57 yang terletak di Gang 1 atau Jalan Kutilang No. 1 Kudus.

Nah, Lima referensi lokasi kuliner Khas kota Kudus sudah kami sajikan di atas, sempatkan waktu anda untuk singgah dan mencicipi kuliner khas kota Kudus .

Sebetulnya masih banyak kuliner lain yang bisa anda jadikan tujuan saat ke singgah Kota Kudus, Kami akan lanjutkan di artikel berikutnya. Terima Kasih

(S78)





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Referensi lokasi Kuliner Khas Kota Kudus yang wajib dicoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel