5 wisata alam berhawa sejuk di kota Kudus paling Hits 2019

Suasana pemandangan di Gunung Muria Kudus
Jika anda singgah ke kota Kudus baik untuk melakukan kunjungan Bisnis maupun hanya sekedar berwisata, tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu anda untuk singgah ke 5 lokasi wisata ini. Luangkan sejenak waktu anda untuk menikmati keindahan lokasi wisata favorit di kota Kudus.

Selain sudah terkenal sebagai ikon kota kudus, beberapa dari lokasi ini adalah tempat wisata yang saat ini menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke kota Kudus. Dimana dan seperti apakah tempat wisata itu? Mari kita explore bersama..

Masjid Menara Kudus

Eits, sabar ya gaes..

Sebelum kita menuju ke lokasi alam yang kita cari, tidak ada salahnya lo mampir sejenak ke ikon legendaris kota kudus. Sebelum menunu ke wisata alam, mampir sejenak ke Masjid Menara kudus yuk..

Tempat ini adalah salah satu wisata rohani yang di kota Kudus yang hampir tidak pernah sepi pengunjung dari hari ke hari. Selain untuk berziarah, lokasi ini dikunjungi karena keindahan arsitektur kuno nya.

Lokasi masjid Menara kudus ini juga termasuk daerah yang masih terjaga keasliannya. Lingkungan Kawasan masjid menara kudua sangat kental dengan nuansa religi yang terkesan sejuk dan klasik.

Selain itu, masjid Menara kudus juga merupakan simbol akulturasi antara budaya Hindu dan Islam kuno, bentuk arsitektur Hindu masih sangat melekat digunakan pada kawasan masjid menara kudus ini. Selain itu , tidak jauh dari lokasi masjid menara kudus juga terdapat klenteng kuno yang menunjukkan juga adanya kerukunan antar umat beragama antara penganut agama Islam dan Kong hu Chu.

Pada masanya , kanjeng Sunan kudus sebagai pendiri masjid Al Aqsa atau menara kudus ini memang mengajarkan dan menyebarkan Islam dengan budaya dan penuh kedamaian.

Meskipun bernuansa religi, namun lokasi Masjid Menara Kudus juga sangat indah dan menjadi lokasi favorit untuk berfoto, anda bisa menemukan banyak sekali foto di instagram yang menggunakan lokasi Masjid Menara Kudus sebagai lokasi foto nya.

Oh iya, di samping lokasi masjid ini terdapat warung sate kerbau yang legendaris lo..sebelum berangkat ke tempat wisata alam, sarapan dulu makanan khas kota kudus sate kerbau sepertinya mak nyusss banget deeh hehehe..

5 Tempat wisata alam ter-favorit di kota kudus

1. Air terjun Montel - Lereng Muria

Air terjun yang terletak di lereng gunung muria ini bisa jadi tujuan wisata yang kedua. Terletak di lereng gunung muria, berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota kudus ke arah utara. Disini kita bisa menikmati sejuknya udara alam lereng muria.
air terjun montel kudus
air terjun montel Kudus


Disarankan untuk datang pagi hari agar udara sejuknya masih terasa segar. Disini anda bisa memuaskan diri untuk menikmati air terjun yang masih sangat segar dan alami.

Dari lokasi parkir kendaraan anda bisa berjalan menyusuri jalur yang mengarah menuju ke lokasi air terjun montel. Harap berhati hati karena jalur masih alami, apalagi jika anda singgah pada saat musim hujan,hati hati supaya anda tidak sampai terpeleset.

Jika sudah sampai ke air terjun montel, anda bisa sekalian melanjutkan wisata rohani ke Makam Sunan Muria yang letaknya tidak jauh dari air terjun montel ini. Jika anda sudah lelah berjalan, anda bisa menikmati fasilitas ojek yang bisa mengantar anda menuju lokasi makam Sunan Muria.

Disepanjang jalan menuju makam sunan Muria dan Air Terjun montel mungkin anda akan banyak menemui penjual oleh-oleh khas kota kudus, khususnya oleh oleh khas gunung Muria. Yang paling menarik buat saya adalah pisang disini ukurannya sangat panjang, hampir 2 kali lipat panjang pisang yang biasa saya temui.

Selain itu, anda mungkin juga pernah mendengar buah khas lereng muria yang paling banyak dicari terutama oleh ibu-ibu hamil, Buah parijoto namanya. Buah ini paling banyak dicari ibu ibu hamil karena konon katanya bisa membuat keturunan menjadi cantik dan cakep jika mengkonsumsi parijoto ini pada saat hamil.

2. Bumi perkemahan wana wisata Kajar

Wana wisata kajar terletak di jalan searah menuju ke air terjun montel. Jadi anda bisa sekalian meng-agendakan untuk singgah kesini setelah bermain air di air terjun montel.


Bumi perkemahan Kajar ini merupakan kawasan hutan pinus nan sejuk dan asri. Sangat nyaman untuk melepas penat sejenak setelah lelah beraktifitas. Udara yang sangat segar memberikan efek relaksasi untuk sejenak melupakan rutinitas pekerjaan. Lokasi nya sangat cocok dijadikan tempat berfoto, bahkan tidak jarang lokasi ini dijadikan sebagai tempat foto prawedding dan tujuan para selebgram lokal.

3. Puncak Ternadi


Nah..habis dari kajar, lanjut ke lokasi berikutnya yuk.. masih dengan lokasi wisata bernuansa alam yang berada di lereng muria juga, Puncak ternadi namanya.
Puncak ternadi kudus
Puncak ternadi

Setelah turun dari wana wisata kajar, anda hanya membutuhkan waktu tidak sampai setengah jam untuk menuju ke Puncak ternadi.

Di puncak ternadi anda bisa berfoto selfi di beberapa spot foto yang sudah disediakan pengelola. Jika anda mau sedikit naik lagi..ada gardu pandang untuk menikmati keindahan kawasan kota kudus dari lereng muria.

Selain indah dengan pemandangannya, kawasan ternadi juga sering dijadikan lokasi arena balap sepeda downhill dan juga motorcross.

4. Desa Wisata Rahtawu - gebog


Desa wisata rahtawu , disebut sebagai desa rintisan wisata didaerah kecamatan Gebog. Lokasinya masih berada di lereng gunung muria juga, namun jalur menuju ke desa rahtawu tidak sama dengan jalur jalan raya menuju ke air terjun montel .

Jika anda dari kota kudus, anda cukup bertanya ke penduduk sekitar jalan menuju Pabrik Sukun, akan lebih mudah diarahkan daripada jika anda bertanya jalan menuju ke rahtawu. Karena pabrik Sukun juga merupakan salah satu pabrik besar di kota kudus. Dari pabrik sukun anda tinggal lurus naik keatas untuk menemuan desa rahtawu.

Di desa rahtawu anda bisa menikmati banyak spot foto yang indah, rumah makan di sekitar sungai rahtawu dan beberapa air terjun yang cukup mudah dijangkau. Dari desa rahtawu anda juga bisa melanjutkan ke puncak 29 (puncak songolikur) dan air tigarasa.

Puncak 29 adalah salah satu puncak di Gunung muria yang dipakai untuk berkemah beberapa pecinta alam. Sementara di air terjun 3 rasa anda akan menemukan 3 titik mata air yang konon mempunyai rasa yang unik di masing masing mata airnya.

5. Wana wisata Sreni



Wana wisata sreni ini adalah wisata hutan pinus yang cukup nyaman untuk dijadikan tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Sebetulnya wana wisata sreni masih ikut ke wilayah Kabupaten Jepara. Disini juga sudah disediakan beberapa spot untuk berfoto selfie. Sekilas pada saat kesini saya jadi teringat dengan Puncak becici yang ada di gunung kidul yang hampir memiliki kemiripan lokasi dan spot fotonya.
Serni Indah Jepara

Nah.. itulah 5 lokasi wisata di sekitar kudus dengan hawa sejuk yang bisa anda jadikan referensi berwisata berasa keluarga.

Ada yang sudah punya pengalaman yang sama ke tempat tempat diatas?

(S78)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 wisata alam berhawa sejuk di kota Kudus paling Hits 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel