Menikmati Indahnya surga tersembunyi di Halong bay , Vietnam

Menyusuri keindahan teluk Halong di Vietnam – Berkesempatan mengunjungi salah satu tempat terbaik di Vietnam adalah suatu impian saya yang akhirnya bisa terwujud. Karena impian saya sejak dulu adalah untuk bisa berkunjung ke negara lain sebanyak mungkin.

Keberuntungan bagi saya, karena di 2017 lalu perusahaan kami melakukan bisnis trip ke Vietnam yang akhirnya bisa membuat impian saya kembali terwujud. Pada saat itu saya ditunjuk sebagai salah satu pesertanya dari kunjungan bisnis perusahaan kami ke Vietnam. 
Sebetulnya Ini adalah perjalanan kedua saya untuk bisa berkunjung ke negeri tetangga, sebelumnya saya pernah dapat kesempatan untuk juga bisa singgah ke negeri jiran malaysia juga sebagai wakil dari perusahaan untuk keperluan perjalanan bisnis. Dan tentunya perusahaan sangat berbaik hati kepada saya karena di sela perjalanan bisnis, kami masih diberi kesempatan untuk sekaligus berwisata.
Impian yang terwujud ini membuat saya teringat akan sebuah judul artikel yang pernah dibuat oleh Mas Sadawayan, seorang Senior traveler dari Indonesia yang menuliskan bahwa kita harus bermimpi untuk bisa ke suatu tempat. Dan kita juga harus yakin, suatu saat impian itu bisa terwujud. Karena impian itu bisa terwujud dengan berbagai jalan.

Halong Bay Vietnam – Sebuah mimpi yang terwujud

Teluk Halong atau yang biasa disebut dengan Halong Bay, adalah sebuah wilayah perairan teluk yang sangat indah yang berada di vietnam bagian utara, berjarak sekitar 170km dari Hanoi atau sekitar 5 jam perjalanan darat.

Halong Bay juga sudah ditetapkan sebagai salah satu wilayah warisan dunia yang ditetapkan oleh Unesco pada tahun 1994 lalu.

Teluk Halong menyajikan keindahan kepulauan batu kapur yang menjulang indah di sekitar semua wilayah teluk. Halong Bay juga memiliki gua gua yang sangat indah untuk dikunjungi, salah satunya gua Hang Đầu Gổ (Gua Pasak Kayu).

Setelah menempuh perjalanan selama 5 jam dengan menggunakan Bus Wisata, akhirnya saya bisa sampai juga di pelabuhan Marina Tuan Chau International, halongbay vietnam. Dari sini kita akan memulai perjalanan menggunakan perahu khas dari Halong. Disini juga nantinya kita bisa berbelanja souvenir dan oleh – oleh.

Perahu ini memiliki kapasitas penumpang sekitar 20-30 orang. Dilengkapi dengan dapur yang menyajikan makanan selama perjalanan menuju lokasi teluk halong.

Saat itu kami diberi menu olahan kerang , ditambah sup dan ayam bumbu pedas yang entah apa nama masakannya. Penjelasan dari guide lokal malah bikin saya bingung karena bahasa Indonesianya kurang begitu jelas. Untuk rasa masakannnya menurut saya masih cukup bisa diterima di lidah kami.
Makanan Khas Vietnam

Selama menyusuri perairan teluk halong, kami disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah. Perairan halong banyak dipenuhi dengan pulau pulau karang yang menjulang seolah olah muncul dari air.

Karang Ayam kawin Halong Bay – Vietnam
Ada satu batu karang yang menjadi ikon diteluk Halong ini. Namanya batu karang ayam kawin. Nama yang unik bukan. Menurut penjelasan guide, diberi nama seperti itu karena memang sekilas batu karang itu nampak seperti dua ekor ayam yang sedang bermesraan. Menurut anda? Nampak seperti apa?

Keindahan seperti inilah yang membuat banyak wisatawan menjadikan Halong Bay menjadi destinasi wisata ke Vietnam.

Kampung Perahu Halong Bay Vietnam

Setelah dipuaskan dengan pemandangan perairan yang indah, akhirnya kami sampai ke perkampungan perahu apung.

Disini kita bisa menyewa perahu sampan atau perahu kano untuk menyusuri gua gua batu karang yang ada di teluk Halong .

Yang menurut saya paling unik adalah, kita diajak berperahu sampan masuk ke dalam gua bawah tanah . Sensasi yang sangat baru buat saya. Hal yang unik lainnya adalah, pengemudi sampan di sini hampir semuanya perempuan. Sangat luar biasa.

Destinasi terakhir di Halong Bay ini kita akan diajak untuk berlabuh di sebuah pulau. Saya lupa mencatat nama pulaunya, yang pasti disini kita diajak untuk masuk ke dalam gua stalaktit besar yang sangat indah.

Persiapkan stamina anda karena kita harus menyusuri anak tangga mendaki yang cukup membutuhkan energi . Tapi hal ini terbayarkan dengan keindahan bagian dalam gua yang sangat indah.

Perjalanan sangat mengesankan bagi saya, komentar teman seperjalanan waktu saya tanya soal keinginan kembali kesini adalah, hampir semuanya mengatakan sangat bersemangat untuk bisa kembali kesini karena keindahannya.

Bagaimana dengan anda, tertarik meng-agendakan liburan ke Halong Bay Vietnam?

(S78)