Kebun Kopi Jollong Pati, wisata murah meriah untuk keluarga Anda

Menikmati Sejuknya Udara Lereng Muria dari Kebun Kopi Jollong Pati – Liburan menyenangkan tidak selalu harus menempuh perjalanan jauh dan mahal. Tempat yang dekat dan murahpun juga bisa membuat sekeluarga menikmati liburan menyenangkan. Salah satunya yang tidak begitu jauh adalah berwisata ke kebun kopi Jolong.

Wisata Kebun Kopi Jolong – Pati

Seperti pada saat lebaran kemarin, keluarga kami yang bertempat tinggal di kota kudus-jawa tengah juga ingin menikmati waktu libur lebaran dengan berwisata. Awalnya banyak sekali usulan dan ide dari setiap anggota keluarga, mulai dari wisata ke Bandungan semarang, pantai karang jahe rembang, pantai empu rancak Jepara dan beberapa opsi tempat lainnya.

Namun setelah melalui banyak pertimbangan dan diskusi, Akhirnya kami memilih untuk pergi ke Perkebunan Kopi Jollong – Pati.Hal ini karena pertimbangan jarak yang tidak terlalu jauh dari Kota Kudus dan kami juga mencari lokasi wisata yang sejuk di sekitar kota Kudus sehingga tidak akan membuat capek di perjalanan terlebih dahulu.

Kebun kopi Jollong sebenarnya sudah sejak jaman belanda, namun oleh masyarakat setempat dan oleh PTPN IX akhirnya tempat ini dikelola menjadi lokasi wisata. Kenikmatan kopi jolong cukup diakui seantero nusantara.

Kopi Jolong Asli

Kenapa memilih Kebun Kopi Jollong Sebagai Tujuan Wisata kali ini, ini alasannya :

  • Lokasi yang relatif dekat dari Kudus, jarak tempuh yang hanya sekitar 50 Km atau sekitar satu jam perjalanan kurang.
  • Menghindari tujuan wisata populer yang tentunya akan ada kemungkinan macet dan penuh lokasi wisatanya. Seperti pengalaman tahun lalu ke pantai karang jahe rembang, hanya untuk masuk lokasi yang hanya berjarak sekitar 1 km dari jalan pantura saja kami membutuhkan waktu hampir satu jam lebih .
  • Hasil Survey dan rekomendasi teman yang pernah ke lokasi ini memberikan poin yang cukup bagus untuk menjadi tujuan wisata yang wajib dikunjungi.
  • Alasan terakhir adalah penghematan, dengan jarak yang dekat tentunya ada cost yang bisa kami hemat dari sisi pengeluaran konsumsi BBM. Yuk mari langsung berangkat…

Kami berangkat dari kudus sekitar pukul 8 pagi, dengan harapan sampai di tujuan udara masih sejuk dan tidak terlalu menyengat. Dengan menggunakan mobil tua andalan keluarga kami, cukup dengan isi bbm 100 ribu saya rasa sudah cukup untuk perjalanan pulang pergi.

Melewati jalur pantura dan mengikuti petunjuk Google map akhirnya kami sampai di tujuan sekitar pukul 9 pagi. Walaupun jarak tempuh relatif dekat, namun karena belum pernah pergi ke jolong , ditambah medan jalanan yang naik turun dan aspal di beberapa ruas jalan yang lumayan rusak yang membuat perjalanan kami memakan waktu cukup lama.

Untuk masuk ke lokasi persiapkan dana 6000 rupiah per orang ditambah 5000 rupiah untuk parkir mobil. Harga yang bersahabat bukan..

Spot wisata yang bisa anda temukan di  Kebun Kopi Jolong ?

Di Kebun Kopi Jollong anda bisa menikmati kesejukan alam perkebunan serasa berada di puncak bogor bersama keluarga anda.

Tersedia berbagai permainan untuk anak-anak seperti istana balon, mobil mini, kolam renang dan bagi yang sedikit berani menguji nyalinya , bisa mencoba permainan Flying Fox.

Selanjutnya bagi yang menyukai berfoto anda akan sangat dimanjakan dengan adanya  beberapa spot berfoto yang instagramable. Ditambah background pemandangan alam yang indah yang akan menjadikan foto anda makin yang cantik dan indah.

Spot Foto Wisata Jollong – Pati

Namun meskipun di Kebun kopi Jolong sudah banyak sekalispot untuk berfoto, Jika anda singgah di saat liburan, maka anda harus sedikit bersabar untuk bisa berfoto disini. Karena mungkin anda perlu mengantri untuk berfoto di spot yang anda inginkan dikarenakan banyaknya jumlah pengunjung..

Rumah Burung Kebun Kopi Jollong

Taman Bunga Wisata Jolong Pati

Setelah puas berfoto, anda bisa menikmati sejuknya alam sambil beristirahat di gasebo-gasebo dan rumah makan di lingkungan kebun Kopi Jollong .

Dan jika memutuskan untuk pulang, jangan lupa untuk mampir ke toko souvenir yang menyediakan berbagai cendera mata dan kopi bubuk khas Jollong. Selain itu juga disedikan madu murni hasil olahan lebah setempat , dan oleh oleh lain.

Catatan  :

  • Persiapkan mobil dan skill anda agar siap dan yakin untuk melalui medan tanjakan dan tikungan.
  • Kondisi jalan sedikit rusak dan sempit,jadi berhati hati dan tak perlu buru-buru.
  • Persiapkan baju ganti dan jaket untuk anak jika ada niat berenang, atau jika suhu nantinya cukup dingin bagi anak anak.

Demikian pengalaman kami berwisata ke lokasi Kebun Wisata Jollong, bagaimana ? Tertarik untuk singgah kesini?

(S78)