Resep Kue Carang Gendis Kekinian yang enak dan gampang dibuat

Resep Carang Gendis - Kue Carang gendis adalah kue legendaris tradisional khas Jogjakarta yang lagi hits dan kembali banyak dicari. Konon katanya kue ini malah sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit.

Kue Carang Gendis terasa lezat di lidah dengan teksur kuenya yang lembut dan lembek mirip dengan serabi tetapi memiliki isian di dalamnya. Dulunya kue Carang Gendis hanya berisi parutan kelapa, namun seiring dengan perkembangan jaman, maka banyak pembuat kue yang memodifikasinya dengan memberikan isian sesuai selera kekinian seperti keju dan messes.

Carang gendis sangat cocok disantap saat sore atau pagi hari sambil bersantai dan menikmati teh panas atau kopi.

Resep Carang Gendis dan Cara Membuatnya

Bahan - bahan : 

200 gram tepung ketan
1/2 sdt garam
100 ml air hangat atau secukupnya dipakai untuk menggumpalkan adonan
Coklat meses
Keju parutan

Cara Membuat Kue Carang Gendis :

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencampur tepung ketan dengan garam. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan merata dan menggumpal. Tak perlu sampai halus, biarkan ada sedikit gumpalan kasar dari campuran adonan yang kurang terkena air. 
Berikan pewarna alami merah atau hijau, atau dengan sedikit pewarna makanan yang sehat agar nantinya tampilan kue saat matang bisa lebih menarik.


2. Siapkan wajan teflon anti lengket, pergunakan api kecil tanpa perlu mengolesi minyak atau margarin diatas teflon.. biarkan sejenak hingga panas  teflon merata.

3. Ambil saringan masak, lualu tekan adonan di atas teflon menggunakan saringan masak dan biarkan adonan jatuh memutar merata kedalam teflon seperti saat anda melihat proses pembuatan kue Bandung atau dadar.

4. Taburkan meses dan parutan keju diatas adonan yang sudah di panci teflon, biarkan sejenak hingga menjadi kering dan matang.

5. Gulung atau lipat adonan seperti melipat martabak jika sudah terlihat kering dan matang. 


6. Sajikan selagi hangat. Atau simpan di dalam kotak tertutup sehingga bisa lebih awet. Sebaiknya berikan alas dari daun pisang, selain menjaga kehangatan, aropa kue Carang Gendis akan semakin nikmat saat dibungkus dengan daun pisang.

7. Selamat Menikmati.

 


Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Carang Gendis Kekinian yang enak dan gampang dibuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan tengah artikel 2

Iklan Bawah Artikel