5 Minuman herbal asli Indonesia yang kembali populer saat pandemic Corona covid-19, dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh

Negara Indonesia telah sejak lama dikenal memiliki banyak sekali berbagai resep obat herbal tradisional yang dimiliki turun-temurun dari generasi ke generasi. Beberapa resep tradisional ini mungkin sudah hampir ditinggalkan dan dilupakan sebelumnya, namun saat ini ada beberapa resep herbal tradisional yang justru semakin populer karena diyakini mampu memberikan manfaat dalam mencegah penyakit korona dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Di saat ini memang langkah terbaik untuk mencegah menyebarnya wabah korona adalah melakukan pencegahan dengan cara meningkatkan kewaspadaan . Hal ini bisa dilakukan dengan cara social distancing, menjaga kebersihan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman herbal yang diyakini memiliki khasiat tertentu untuk menangkal virus dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sejak zaman penjajahan Belanda Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempah dan obat-obatan herbal yang selama turun-temurun digunakan untuk membantu pengobatan penyakit penyakit tertentu dengan cara diolah dan dikonsumsi melalui resep-resep tradisional. Beberapa yang paling populer di antaranya adalah jahe temulawak kunyit daun serai dan berbagai rempah-rempah lainnya.

5 minuman dan resep tradisional herbal yang diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit. 


1. Beras kencur

Kencur dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang terbukti banyak dipakai untuk berbagai masakan tradisional dan resep obat, baik di Indonesia maupun di beberapa negara lain di Asia. Diolah dengan cara di kombinasikan dengan berbagai bahan tempat lainnya salah satunya adalah beras sehingga menjadi minuman yang dipercaya berkhasiat untuk bisa mengurangi peradangan dan penyakit kolesterol serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Sampai saat ini minuman beras kencur masih sering dikonsumsi terutama di daerah Jawa dan dijajakan oleh penjual jamu atau Depot Jamu yang banyak ditemukan di berbagai tempat di pulau Jawa.

2. Temulawak

Temulawak atau yang memiliki nama Latin curucuma xanthoriza ,terbukti sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat dan minuman yang dipercaya mampu mengatasi masalah pada sistem pencernaan ,osteoartritis, anti peradangan, menjaga kesehatan liver serta sebagai obat diuretik. Selain itu minuman temulawak juga dipercaya baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Kunyit asam

Asam jawa dan kunyit merupakan dua rempah-rempah asli Indonesia yang dikenal memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan. Keduanya sering dikombinasikan untuk dibuat menjadi minuman kesehatan yang dipercaya mampu memberikan penambah daya tahan tubuh dan saat ini dipercaya sebagai salah satu penangkal untuk serangan virus Corona.

Selain bahan-bahan yang mudah didapatkan cara membuat minuman kunyit asam puncuk muda sehingga minuman ini cukup populer. Selain itu meskipun terbuat dari rempah rempah rasa yang dihasilkan dari minuman kunyit asam ini cukup bisa diterima semua kalangan baik dari anak-anak sampai orang dewasa.

4. Wedang empon-empon

Empon-empon adalah minuman yang terbuat dari bahan-bahan seperti jahe, kunyit , dan sereh. Minuman tradisional yang satu ini kembali populer karena pernah direkomendasikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia sebagai salah satu minuman tradisional yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan cara mengupas jahe dan kunyit, kemudian dicuci hingga bersih. Lalu dimasukkan ke dalam air mendidih sekitar 10 sampai 15 menit lalu tambahkan daun sereh dan gula merah Jika Anda menyukai rasa manis.


5. Wedang teh jahe madu

Jika selama ini kita hanya mengkonsumsi minuman teh sebagai pendamping pada saat kita makan. Ternyata dengan sedikit membuat kombinasi dengan cara menambahkan jahe dan madu pada minuman teh ini,kita juga bisa membuat salah satu minuman yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita.
Kandungan zat pahit pada jahe dan madu mampu memberikan rasa hangat pada tubuh kita dan juga meningkatkan imunitas dan daya tahan pada tubuh kita.

Nah, itulah 5 minuman yang saat ini dipercaya mampu memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh kita sekaligus dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun Meskipun begitu anda tetap harus mengkonsultasikan kondisi tubuh anda kepada dokter dan ahli kesehatan terdekat agar anda tetap bisa selalu menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Semoga artikel ini mampu memberikan manfaat untuk kesehatan kita semua. 

Kami selalu menunggu masukan, saran dan kritik agar kami selalu bisa menyajikan sesuatu yang lebih baik lagi dan memberikan manfaat untuk pembaca sekalian.

Terima kasih,
S78.


Belum ada Komentar untuk "5 Minuman herbal asli Indonesia yang kembali populer saat pandemic Corona covid-19, dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel