Gudeg Yu Djum wijilan, kuliner khas jogja yang harus dicicipi saat berwisata ke sini

Gudeg Yu Djum - Berwisata ke Jogja rasanya kurang afdol kalau tidak mencicipi makanan khas dari Yogyakarta yang satu ini, nasi gudeg. Dan salah satu lokasi warung atau rumah makan nasi gudeg yang paling legendaris di kota Jogjakarta adalah nasi gudeg Yu Djum Wijilan. Warung gudeg legendaris ini terletak di Jalan Wijilan 167,panembahan, Jogjakarta. Jam buka mulai dari pukul 06.00 - 22.00 setiap hari.

Lokasinya berada tepat di tengah kota jogjakarta, sangat strategis karena tidak jauh dari keraton jogjakarta, alun-alun utara , dan jalan malioboro. Untuk menuju ke lokasi gudeg di bumi jalan ini anda tidak akan kesulitan menemukannya, dengan menggunakan aplikasi map online atau bertanya pada penduduk setempat ,anda pasti akan menemukannya dan diberi petunjuk dengan sangat mudah untuk menuju ke lokasi gudeg ujung ini.

Warung gudeg ini berdiri pada tahun 1951 itu dari dulu sampai sekarang berada di daerah Wijilan, tapi dapur yang dipakai untuk memasaknya berada di jalan Kaliurang. Di daerah Wijilan ini sebenarnya banyak sekali pilihan warung nasi gudeg lainnya, namun nasi gudeg yu djum ini merupakan salah satu yang menjadi favorit dari setiap wisatawan yang datang ke kota Jogjakarta, terutama bagi mereka yang sangat mencintai dunia kuliner Indonesia. 

Bahkan banyak sekali para pejabat maupun artis ibukota yang selalu menyempatkan waktu untuk singgah ke warung gudeg Yu Djum pada saat mereka berada di kota Jogjakarta.
Saat ini warung nasi gudeg Yu Djum sudah dikelola oleh generasi penerusnya. Namun meskipun begitu, cita rasa dan kelezatan khas dari nasi gudeg Yu Djum tetap terjaga berkat warisan resep rahasia dan teknik memasak yang diwariskan secara turun-temurun. Bahkan karena kelezatannya ini, warung gudeg yu djum ini sudah banyak membuka cabang di beberapa tempat selain di Wijilan. 
Ciri khas dari gudeg Yu Djum gudeg yaitu merupakan gudeg kering bukan gudeg basah. Sayur gori atau sayur nangka muda nya tidak terlalu banyak kuah, dan kuah arehnya sangat kental dan bercita rasa manis. Disajikan dengan beberapa lauk pilihan seperti krecek, telur bacam, ceker, daging ayam, ati ampela dan lauk lainnya. Harga dari nasi gudeg Yu Djum ini bervariasi tergantung dari lauk apa yang anda pilih.
Selain makan di tempat anda pun bisa menikmati atau membungkus nasi gudeg untuk dibawa pulang atau dibuat oleh oleh untuk teman atau saudara yang ada di rumah. Jika anda memesan gudeg untuk dibungkus atau dibawa pulang, maka anda akan mendapatkan bentuk bungkusan dari gudeg yu djum yang cukup unik, yaitu menggunakan besek. Besek adalah tempat atau wadah makanan yang dibuat dari anyaman bambu berbentuk persegi.
Jadi untuk sobat kuliner atau traveler yang sedang berkunjung ke kota jogjakarta, jangan lupa untuk menyempatkan waktu singgah dan mencicipi gudeg khas jogjakarta yang satu ini. 
Ceritakan pengalaman anda di kolom komentar dan bagikan kepada teman dan saudara lain yang belum pernah dibuka jogjakarta agar mereka juga nantinya datang dan mencicipi sendiri kelezatan kuliner khas jogjakarta ini.

Cintai terus kuliner indonesia dan nusantara agar tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

(Sumber78)





Belum ada Komentar untuk "Gudeg Yu Djum wijilan, kuliner khas jogja yang harus dicicipi saat berwisata ke sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel