8 oleh-oleh kekinian Jogjakarta yang wajib kamu beli saat berlibur kesana

Berburu oleh-oleh saat berwisata ke suatu daerah adalah salah satu hal yang paling penting dan sepertinya sudah menjadi sesuatu hal yang wajib dilakukan pada saat berlibur ke suatu daerah.
Tentunya saat mencari oleh-oleh kita akan mencoba mencari, menemukan dan pulang membawa sesuatu  yang menjadi ciri khas dari daerah yang kita kunjungi.
Termasuk pada saat berkunjung ke daerah istimewa Yogyakarta. Kota ini terkenal karena budaya dan tempat wisatanya yang beragam dan banyak sekali pilihan lokasi wisatanya, baik wisata alam maupun wisata budaya yang bisa dikunjungi.
Jogja juga mempunyai banyak hal menarik termasuk makanan dan cinderamata yang bisa dijadikan sebagai cenderamata atau oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang setelah berlibur ke sini.

Berikut ini kami berikan 8 pilihan oleh-oleh kekinian yang wajib kamu coba  dan bawa pulang saat berlibur dari Yogyakarta :

1. Bakpia Pathuk

Kue yang berbentuk bulat pipih dan terbuat dari campuran tepung ,diisi kacang hijau dan gula kemudian dipanggang ini memang awalnya berasal dari negeri Tiongkok, namun seiring perkembangan waktu,bakpia pathuk juga menjadi salah satu kuliner khas yang dikenal berasal dari Yogyakarta.
Bakpia pathuk jogja
Bakpia Pathuk
Nama bakpia pathuk sendiri sebenarnya diambil dari asal daerah sentra pembuat bakpia ini yaitu dari kawasan desa pathuk Yogyakarta. sedangkan angka-angka yang digunakan dalam kemasan pembungkus bakpia pathok ini biasanya diambil dari alamat rumah pembuatnya.
Bakpia patuk kurnia sari
Untuk memenuhi perkembangan selera konsumen, jika dulu bakpia pathok hanya berisi kacang hijau saja, saat ini bakpia pathuk dibuat bervariasi dengan di isi coklat, durian dan berbagai pilihan rasa lainnya.

2. Batik Jogja
Batik Jogja adalah salah satu souvenir yang bisa anda bawa dari Jogjakarta, batik jogja pastinya mempunyai perbedaan dengan batik dari Pekalongan, Solo maupun dari sentra kota batik lainnya, motif batik Jogja memang memiliki ciri khas  tersendiri yang mewakili keunikan dari kota Jogjakarta.
Untuk berbelanja batik Jogja Anda bisa langsung menuju ke Jalan Malioboro tepatnya di Pasar Beringharjo, di kampung batik giriloyo atau di kampung batik Ngasem. 
Disini anda bisa berbelanja kain bahan batik atau mungkin sudah dalam bentuk barang-barang yang sudah jadi, seperti kemeja daster celana dan souvenir lainnya yang berbahan dasar batik.

3. Blangkon dan Baju Surjan Lurik

Blangkon dan baju surjan lurik sebenarnya bukan identik dengan Jogjakarta saja. Keduanya adalah ciri khas dari pakaian adat yang dipakai oleh orang Jawa Tengah dalam kesehariannya jaman dulu. Namun jangan heran kalau anda akan tetap banyak menemui orang-orang yang memakai keduanya di era modern sekarang ini di Jogjakarta. 
Jika ingin membawa Blangkon dan baju surjan lurik untuk anda pakai sendiri atau di bawa sebagai oleh-oleh,anda bisa mencarinya di berbagai pasar batik di Yogyakarta dan di beberpa gerai cendramata yang ada di Jogjakarta. 

4. Kaos Khas Jogja Dagadu

Kaos Dagadu sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke kota Jogjakarta sejak beberapa tahun belakangan ini. Seingat saya kaos kini sudah mulai dikenal sejak zaman tahun 2000-an hingga sekarang. 
Saking terkenalnya merk kaos dan tempat produsen pembuatnya ini, jangan heran kalau anda akan ditawari beberapa pengemudi becak yang menawarkan jasanya untuk mengantarkan anda berwisata naik becak ke gerai Dagadu.
Kaos dagadu jogja
Kaos Dagadu Jogja
Corak dan temannya serta kalimat-kalimatnya memang unik, menggelitik dan terkesan Jogja banget sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Jogjakarta.

5. Getuk Trio

Sebetulnya getuk trio ini bukanlah makanan oleh-oleh asli dari Jogjakarta. Getuk Trio berasal dari kota di sebelah Yogyakarta yaitu kota Magelang. 

Namun saat ini getuk trio juga sudah banyak dijual di tempat-tempat wisata dan penjual oleh-oleh yang ada di kota Jogjakarta.
Gethuk trio oleh oleh
Getuk Trio
Makanan berbahan dasar singkong ini memang sangat lezat dan unik rasanya. Selain itu ciri khas tampilan dan kemasannya adalah terlihat dari warnanya yang terdiri dari tiga warna kombinasi yaitu putih coklat dan merah jambu yang membuat kita selalu ingat dan nggak akan menolak akan kelezatan getuk trio.

6. Gudeg kalengan Jogjakarta

Bicara soal Nasi Gudeg Kita akan langsung teringat dengan nama Jogjakarta. Di Jogjakarta sebagai daerah asal gudek jogja tentunya banyak sekali rumah makan dan warung yang menjual gudeg dengan berbagai macam variasinya dan cita rasa yang berbeda-beda pula. 
Salah warung makan nasi Gudeg  yang terkenal adalah WM. Nasi Gudeg Yu Djum Wijilan. Saking terkenalnya, banyak sekali artis dan wisatawan yang datang dan singgah ke tempat ini pada saat mereka sedang ada pekerjaan di Jogjakarta.
Kalau selama ini, kebanyakan dari kita mungkin hanya tahu bahwa  menikmati makan nasi gudeg paling enak langsung di tempatnya, atau kuta bungkus dalam kemasan besek atau kendil saja.
Nah, ternyata Saat ini beberapa produsen rumah makan gudeg yang ada di Jogjakarta membuat sebuah terobosan. Kini gudek tidak hanya dijual dan bisa dibawa pulang dalam bentuk kemasan Besek atau kendil saja.
Namun oleh pemilik beberapa rumah makan itu mereka membuat  sebuah terobosan dengan menyajikan gudeg untuk dibawa pulang dalam bentuk kemasan gudeg kalengan. 
Dan katanya sih kalau dalam kemasan seperti ini  untuk masa kadaluarsa nya bisa bertahan lebih lama dibandingkan jika dibungkus dengan besek atau kendil, sangat cocok untuk kita bawa pulang dalam perjalanan yang mungkin jauh membutuhkan waktu agak lama.

7. Kue Mamahke Jogja

Salah satu oleh-oleh kekinian yang cukup terkenal dan banyak dicari wisatawan adalah kue mamahke Jogja. Tempat ini pernah menjadi viral karena memang tempat ini adalah milik salah satu artis terkenal ibu kota yaitu milik Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo.
namun terlepas dari nama besar kedua pemilik toko ini, kualitas rasa dari kue yang ada di toko ini memang sangat enak dan sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh dari Jogjakarta. 
Salah satu lokasi gerai Mamake Jogja tidak jauh berada dari lokasi wisata Tamansari Jogjakarta. Sehingga Anda bisa sekaligus mwnjadwalkan untuk berwisata jalan-jalan ke taman Sari lebih dulu  kemudian lanjut membeli oleh-oleh ke tempat ini.

8. Souvenir Perak Kota Gedhe

Yogyakarta juga mempunyai salah satu daerah atau sentra produksi perak yang cukup terkenal. Salah satu Lokasi kerajinan perak yang ada di Jogja ini berada di daerah Kotagede, daerah ini memang terkenal karena kerajinan seni peraknya yang halus dari segi pembuatannya dan pilihan motifnya yang sangat beragam.
Untuk harga  kerajinan perak seperti kalung, anting, cincin, dan miniatur patung biasanya sangat bervariasi, hal ini tergantung dari ukuran serta tingkat kerumitan dari proses pembuatannya. 
Kita juga bisa ke beberapa pengrajin kerajinan perak yang juga menawarkan kepada konsumennya yang berkeinginan untuk memesan perak dalam bentuk model tertentu atau ukuran tertentu sesuai dengan selera , motif ,ukuran dan kebutuhan kita, sehingga barang yang akan kita pakai nantinya akan lebih memiliki nilai exlusive karena beda dari yang Lain.

Baca Juga : 7 oleh-oleh khas kudus selain Jenang Kudus




Belum ada Komentar untuk "8 oleh-oleh kekinian Jogjakarta yang wajib kamu beli saat berlibur kesana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel