10 Negara sudah melegalkan Ganja, Indonesia salah satunya?

Akhir- akhir ini perdebatan mengenai legalitas ganja kembali diperbincangkan. Legalitas Ganja medis memang menjadi pro dan kontra di sebagian kalangan masyarakat. Dan ternyata di dunia sudah ada 15 negara yang sudah resmi melegalkan ganja sebagai barang yang bisa di konsumsi dengan aturan dan syarat yang ketat tentunya, lalu dari ke-15 negara yang sudah melegalkan ganja, apakah Indonesia termasuk salah satu diantaranya?

Ganja legal untuk medis


Hingga saat ini ganja masih di anggap sebagai barang ilegal yang dilarang beredar di Indonesia dan dikuatkan dengan undang-undang yang masih berlaku. 

Meskipun begitu, masih menjadi perdebatan dan pertanyaan apakah nantinya Indonesia akan mengikuti beberapa negara lain yang sudah melegalkan penggunaan ganja medis dan industri. Lalu negara mana sajakah yang sudah resmi melegalka ganja sebagai barang konsumsi medis dan industri?

15 daftar negara yang sudah melegalkan ganja untuk kebutuhan medis dan industri.

1. Amerika Serikat

Ganja memang sudah menjadi barang ilegal di Amerika serikat, namun ini hanya berlaku di beberapa negara bagian saja di Amerika serikat yaitu di negara bagian colorado dan Washington. Dan aturannya pun cukup ketat, ganja hanya boleh dikonsumsi untuk mereka yang berusia diatas 21 tahun, selain itu maksimal kepemilikannya hanya sebanyak 28 gram. Selain itu ganja dilarang untuk ditanam secara individual.

2. Italia

Negara italia sudah resmi melegalkan ganja tetapi hanya untuk keperluan medis dan industri saja, ini berarti untuk keperluan pribadi penggunaan ganja masih sangat dilarang. Dan pengawasan terhadap transaksi ganja pun masih dilakukan secara ketat dan memiliki ancaman hukuman yang tidak main - main bagi mereka yang melanggarnya.

3. Australia

Australia juga sudah resmi mengesahkan undang-undang legalitas penggunaan ganja untuk kepentingan medis sejak tahun 2016. Penggunaan medis bisa diberikan dengan resep dari dokter atau instansi resmi terkait.

4. Jerman

Legalitas ganja di negara Jerman sudah resmi ditentukan sejak tahun 2017 namun masih hanya sebatas penggunaan untuk kepentingan medis saja.

5. Afrika Selatan

Sejak 2018 afrika sudah memberikan ijin untuk warganya menggunakan ganja secara pribadi namun tetap dengan beberapa aturan yang membatasi penggunaan berlebihan.

Ganja dan legalitas


6. Thailand

Ternyata di  kawasan asia legalitas resmi ganja sudah dimulai di negeri thailand sejak 2002. Namun meskipun begitu, Hampir sama dengan aturan di beberapa negara lainnya, penggunaan ganja masih sebatas penggunaan medis saja. 

7. Uruguay

di negara Uruguay sepertinya menerapkan aturan yang sedikit lebih bebas dibandingkan dengan negara negara lainnya, ganja bisa ditebus dengan atau tanpa resep di apotik-apotik, namun syaratnya hanya untuk mereka yang berusia diatas 18 tahun dan sudah melakukan registrasi ke website pemerintah dan tentunya masih untuk kepentingan medis juga.

8. Argentina

Sejak tahun 2020 penggunaan ganja dengan jumlah terbatas sudah resmi diperbolehkan di negara Argentina. 

9. Equador

Di equador ganja bisa di konsumsi untuk keperluan pribadi dengan maksimal kepemilikan 10 gram per orang, namun yang sedikit aneh adalah, warga diperbolehkan menanam ganja di rumah, sedikit beresiko dalam pengontrolannya menurut saya.

10. Kanada

Di negara Kanada ganja sudah dilegalkan sejak 2018, setiap warga yang memiliki usia diatas 18 tahun diperbolehkan membeli ganja di apotik yang memiliki lisensi khusus, baik untuk kepentingan media maupun untuk konsumsi pribadi.

Kalau menurut pembaca sekalian bagaimana dengan si Indonesia, sudah seberapa perlukah ijin legalitas pemakaian ganja di Indonesia baik untuk kepentingan medis maupun industri ?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak