Takut Jerawatan ? Hindari mengkonsumsi lima makanan ini untuk mencegahnya

Jerawat merupakan salah satu penyakit topikal pada kulit yang paling dihindari terutama oleh kaum wanita, hal ini karena jerawat bisa membuat hilang kepercayaan diri dan mengganggu penampilan mereka. Penyebab munculnya jerawat pada wajah biasanya disebabkan karena kurangnya perhatian dan perawatan pada kulit wajah. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang akan memicu munculnya jerawat jika dikonsumsi secara berlebih.

Apa saja sih makanan yang perlu kamu hindari untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat , bercahaya (glowing) dan bebas jerawat?

4 Makanan yang harus dihindari untuk mencegah munculnya jerawat di wajah.

1. DAGING BERLEMAK

Mengkonsumsi daging memang sangat lezat dan sulit kita hindari, kelezatannya selalu menggoda untuk bisa selalu kita santap setiap hari. Namun dibalik kelezatannya, ternyata daging memiliki kandungan lemak jenuh yang harus kita kontrol jumlahnya di dalam tubuh kita. Tingginya lemak jenuh bisa memicu dan menstimulasi produksi hormon seks secara berlebihan yang salah satunya bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah lo.

2. Fast Food

Kemudahan mengakses dan memesan makanan fast food dari rumah dengan pesan online ternyata bisa memicu munculnya jerawat di wajah kita lo, kok bisa? Begini penjelasannya.
Makanan cepat saji atau fast food seperti Burger, Kentang Goreng, Ayam goreng kremes, minuman bersoda, kentang goreng dan milkshake merupakan beberapa makanan cepat saji yang cukup populer. 
Kebanyakan makanan cepat saji diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak. Makanan yang di goreng dengan minyak ternyata bisa memicu peradangan di seluruh tubuh salah satunya di kulit wajah yang menyebabkan munculnya jerawat. 

3. Produk Susu

Mengkonsumsi susu memang baik karena susu banyak mengandung zat yang menyehatkan, tetapi jangan berlebihan ya, kenapa?
Sejumlah penelitian terhadap beberapa orang yang mengkonsumsi susu secara berlebihan memiliki kecenderungan dan lebih beresiko memiliki penyakit jerawat di wajahnya. Hal ini karena olahan susu mampu memicu meningkatnya hormon insulin dan IGF-1 yang merupakan faktor penyebab munculnya jerawat. 
Walaupun begitu, kita tetap harus tetap mengkonsumsi susu namun dengan jumlah yang terukur ya.

4. Cokelat

Penelitian terhadap dampak mengkonsumsi cokelat dan resiko munculnya jerawat di wajah memang sudah banyak dilakukan dan masih memerlukan kesimpulan yang lebih pasti lagi.
Namun yang pasti, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa cokelat dianggap sebagai salah satu pemicu penyebab jerawat karena mereka yang mengkonsumsi cokelat ternyata mengalami peningkatan pelepasan ladar protein interleukin -1B (IL-1B) dan IL-10.

Kontrol jenis makanan dan jumlah yang kamu konsumsi

Dari pembahasan mengenai keempat makanan yang dianggap sebagai faktor penyebab munculnya jerawat,atau bahkan makanan makanan lainnya, sebenarnya masih sangat sulit untuk memastikan apa yang bisa menyebabkan peningkatan dan munculnya jerawat di wajah kita. 
Karena selain jenis makanan yang kita konsumsi, masih banyak faktor faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Contohnya seperti faktor genetika, cara menjaga kebersihan wajah, kesalahan pemakaian kosmetik atau perawatan kulit wajah dan faktor-faktor lainnya.

Jadi intinya, jaga selalu kesehatan kulitmu dengan memilih makanan yang akan kamu konsumsi dan berapa jumlah makanan yang sebaiknya kamu makan. Selain itu, konsultasikan perawatan wajahmu kepada ahli perawatan wajah yang memiliki kompetensi di bidangnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url