Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lolos interview kerja dengan mudah, ini rahasianya !

Salah satu proses terpenting dalam penerimaan calon karyawan adalah tahapan wawancara atau interview kerja. Karena di fase inilah kita sebagai calon pekerja akan berhadapan langsung dengan calon atasan kita, hrd, atau orang penting lainnya di perusahaan yang akan kita lamar.

Nah, Agar kita bisa lolos dalam tahap wawancara, tentunya kita harus mempersiapkan dengan baik segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kita isi. Jangan sampai kesempatan langka seperti ini kita lewatkan begitu saja. Karena biasanya orang-orang yang sudah sampai dalam tahapan wawancara ini telah melalui proses seleksi secara administrasi, dan tidak semua pelamar bisa lolos di tahap seleksi administrasi itu, jadi sangat sayang sekali jika kita tidak lolos hanya karena kurangnya persiapan.

Oleh karena bagi kita yang sudah mendapat kesempatam untuk wawancara kerja, maka  pergunakanlah kesempatan ini dalam "menjual" kemampuan dan diri anda semaksimal mungkin untuk menunjukkan pada perusahaan yang akan anda lamar, bahwa andalah kandidat yang layak untuk diterima sebagai karyawan di perusahaan itu.

Hal-hal yang harus anda lakukan sebelum wawancara kerja agar diterima dan lolos proses interview dengan mudah :

1. Catat dan buat pengingat waktu di HP anda. 

Setelah anda mendapatkan  kepastian undangan interview atau wawancara kerja. Catatlah kapan waktu interview itu akan dilakukan, buatlah pengingat melalui smartphone atau jam ada. Titiplah pesan kepada orang terdekat anda untuk mengingatkan kapan anda akan diinterview.

2. Carilah informasi tentang profil perusahaan dan posisi yang anda lamar.
Ada baiknya sebelum waktu wawancara tiba anda mempersiapkan diri dengan mencari informasi terkait perusahaan yang anda lamar, misalnya mengenai produk dan nama brand yang dihasilkan perusahaan yang anda lamar, atau informasi tentang posisi pekerjaan dan deskripsi tugas kerja dari posisi yang anda lamar.

3. Persiapkan Fisik dan Penampilan.

Penampilan saat anda datang ke lokasi interview juga sangat penting untuk dipersiapkan. Bisa jadi hanya karena penampilan, anda diterima untuk bekerja, ataupun  malah sebaliknya anda bisa saja gagal diterima di sebuah perusahaan hanya gara gara penampilan.

Tampilah dengan rapi, bersih dan harum serta memakai pakaian yang wajar dan tidak terlalu lebay atau berlebihan corak atau warnanya. Yang pertama dilihat saat bertemu bukan kepandaian anda tetapi penampilan anda.

4. Tegas & Jujur

Saat proses interview berlangsung, aturlah intonasi suara anda. Jawablah setiap pertanyaan dengan nada tegas dan jawaban yang jujur. Tatap mata lawan bicara atau orang yang sedang mewawancarai anda. 
Jangan sesekali berbohong  karena para interviewer biasanya sudah menguasai cara membedakan mana reaksi jujur dan mana reaksi bohong.

5. Persiapkan beberapa jawaban umum dan poin plus tentang diri anda.

Untuk lebih melancarkan proses wawancara, carilah referensi beberapa pertanyaan dan jawaban seputar pekerjaan yang akan anda lamar, pelajari dan ingatlah agar bisa melancarkan proses interview dan mengoptimalkan waktu wawancara anda.
Persiapkan beberapa poin tentang apa saja kelebihan pada diri anda yang bisa menjadikan perusahaan ini layak memilih anda dibandingkan dengan pelamar lain, biasanya pertanyaan ini selalu ditanyakan.

6. Bawa CV saat datang ke wawancara kerja

Bawalah selalu CV atau resume riwayat hidup dan pengalaman kerja anda. Meskipun biasanya anda sudah melampirkan softcopy atau print cv anda saat mengirimkan surat lamaran, tetaplah selalu membawa CV pada saat anda datang pada proses wawancara. Selain untuk persiapan dan mengingat materi resume anda juga untuk persiapan jika sewaktu waktu CV anda diminta ulang.

7. Jangan lupa berdoa, dan minta restu orang tua saat berangkat wawancara.

Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kelancaran proses wawancara dan menurut saya sangat perlu anda lakukan adalah berDoa. Karena tanpa sebuah doa, sebuah kerja keras mungkin akan sia sia jika Tuhan tidak memberikan kemudahan dan kelancaran di jalan yang kita pilih. Dan Salah satu Doa paling banyak dikabulkan adalah doa orang tua untuk kita, oleh karena itu jangan pernah lupakan untuk meminta doa dari orang tua kita.

Semoga sukses dan lancar dalam proses wawancara yang akan anda datangi danmendapatkan pekerjaan sesuai yang anda harapkan serta bisa mencapai karir setinggi-tingginya di perusahaan anda nantinya.

Salam Sukses Selalu.

Posting Komentar untuk "Tips Lolos interview kerja dengan mudah, ini rahasianya !"