Buah Kersen benarkah baik untuk menurunkan asam urat?

Beberapa waktu lalu saya dan teman saya sempat ngobrol-ngobrol mengenai manfaat buah kersen terutama untuk penderita asam urat. saya penasaran dengan kandungan dan manfaat yang dikandung oleh buah karsen yang juga dikenal dengan nama cherry afrika ini,  apakah benar mampu untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh? akhirnya saya mencari informasi yang terkait dengan hal itu.

Awal pembicaraan ini awalnya karena pada saat kami melakukan travelling beberapa waktu lalu teman saya mengeluhkan rasa sakit di persendian jari tangan dan kakinya. lalu setelah melakukan pengecekan ke laborat, ternyata kadar asam urat dengan dikandung oleh teman saya cukup melebihi batas kadar asam urat normal untuk tubuh.

Terdorong oleh rasa ingin sembuh dan mengobati sakit asam urat yang cukup menyiksa mengakibatkan rasa nyeri di persendian ini serta ingin mengurangi konsumsi obat-obatan kimia , saya dengan teman saya mencari beberapa informasi mengenai pengobatan alternatif untuk sakit asam urat ini dan kami menemukan beberapa solusi, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi buah kersen agar bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuhnya.

Buah kersen memang buah yang gampang didapatkan hampir di sepanjang jalan. Buah ini bisa tumbuh dengan mudahnya nya dimanapun bahkan juga  hampir bisa selalu berbuah di segala musim sehingga kita bisa mendapatkannya kapanpun dan dimanapun.

Lalu benarkah asam urat bisa diturunkan dengan mengkonsumsi buah kersen ini?

Sebelum kita hubungkan dengan manfaat buah kersen mari kita pelajari dulu kenapa bisa ada penyakit asam urat dalam tubuh kita. Penyakit asam urat terjadi karena menumpuknya asam urat yang merupakan sisa pencernaan purin atau garam dalam tubuh dalam jumlah berlebihan. Biasanya penumpukan purin ini berada di persendian kecil seperti persendian jari tangan atau jari kaki. kristal-kristal garam inilah yang akhirnya menyebabkan rasa sakit dan nyeri di persendian akibat peradangan pada saat kadar asam urat atau purin dalam tubuh kita sudah berlebihan.

Nah salah satu cara untuk mengobati asam urat ini adalah dengan cara mengeluarkan sisa-sisa purin yang ada dalam tubuh ini, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi obat dengan kandungan allopurinol 

Lalu bagaimana dengan buah, buah kersen adalah salah satu buah dengan kandungan asam urat yang rendah dan juga mengandung zat flavonoid. zat ini mampu menghambat pembentukan enzim xanthine oxidase yang berfungsi untuk membentuk asam urat dalam tubuh. saya pada saat kita mengkonsumsi buah kersen secara otomatis kita juga akan mencegah pembentukan asam urat dalam tubuh. 

Jadi secara kesimpulannya, buah kersen bisa kita konsumsi dengan tujuan untuk mencegah penumpukan kadar asam urat dalam tubuh tetapi jika kita sudah terlanjur mengalami kadar asam urat yang cukup tinggi maka kita masih memerlukan obat yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh kita salah satunya adalah allopurinol. Selain itu konsultasikan dengan dokter Anda mengenai kondisi kesehatan tubuh anda dan apa saja terapi yang sesuai dengan kondisi yang sedang anda alami.

Demikian informasi dari kami terkait manfaat buah kersen, semoga Anda bisa segera sehat kembali dan akan selalu dalam kondisi sehat sehingga bisa beraktivitas tanpa rasa sakit, serta bisa melanjutkan hobi jalan-jalan, kuliner  dan berbagi info wisata bersama kami.

Terima kasih.






Belum ada Komentar untuk "Buah Kersen benarkah baik untuk menurunkan asam urat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel