9 Foto Indah berlokasi di Kota Kudus, Tidak kalah cantik dengan tempat wisata lainnya bukan?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat-lihat koleksi foto-foto tempat wisata yang ada di Instagram, dan saya tertarik dengan beberapa foto yang cukup indah pemandangannya. Awalnya saya kira foto yang diambil itu berlokasi di daerah wisata terkenal di beberapa kota di Indonesia, ternyata saya salah besar, foto-foto cantik tersebut diambil dengan lokasi yang tidak jauh dari tempat saya tinggal yaitu di kota Kudus, Jawa tengah.

Dan sekarang saya baru menyadari bahwa kota Kudus menyimpan potensi wisata yang sangat luar biasa, namun menurut saya potensi tersebut masih perlu untuk di kembangkan dan di Explorer serta dipromosikan lebih gencar lagi agar semakin dikenal di dunia wisata Indonesia. Tentunya hal ini perlu dukungan dari berbagai pihak yang terkait seperti pemerintah kota setempat dan dinas – dinas terkait lainnya.
Kota Kudus adalah sebuah kota kecil yang berada di pesisir utara pulau Jawa tepatnya di Jawa tengah, Indonesia. Kota Kudus memiliki beberapa sebutan mulai dari kota santri, kota kretek, hingga kota industri. Sementara dari sisi wisata, Kota Kudus sejak dulu lebih dikenal dengan potensi wisata religinya, hal ini dikarenakan kota Kudus memiliki dua tempat yang cukup bersejarah dalam perkembangan penyebaran agama Islam di Indonesia yaitu adanya makam Sunan Kudus dan Sunan Muria.
Namun saat ini seiring perkembangan zaman, kaum muda milenial dari Kota ini mulai mengeksplore dan berusaha mwngenalkan keindahan Kota Kudus dari berbagai sudut Kota Kudus. Kebanyakan mereka lebih banyak mengexplore sisi keindahan wisata alam kota ini. Banyak sekali lokasi lokasi wisata indah yang sering dimunculkan melalui media sosial, seperti melalui Instagram salah satunya. 

Berikut ini adalah  lokasi foto wisata cantik  yang ada di Kota Kudus :


1. Air Terjun Kalibanteng – Kudus

Air terjun kalibanteng kudus
Foto : Instagram

Ternyata Kudus tidak hanya memiliki keindahan air terjun montel yang terletak di daerah colo di lereng muria saja, sebuah foto menunjukkan keindahan air terjun kali banteng yang ada di kota Kudus yang tidak kalah indah dibandingkan dengan air terjun di lokasi wisata lainnya.

2. Desa Wisata Ternadi

Desa wisata yang terletak di kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus ini memang banyak sekali memiliki spot wisata sekaligus lokasi untuk berfoto yang indah, lokasi – lokasi ini banyak dimanfaatkan oleh kaum milenial muda sebagai latar belakang foto mereka. 

3. Puncak Songolikur di Gunung Muria Kudus.

Di sebelah utara Kota Kudus terdapat sebuah gunung bernama Gunung Muria, memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi dengan jalur pendakian yang tidak terlalu sulit, membuat banyak  kaum muda yang berani untuk mengeksplor menuju ke puncak songolikur atau puncak yang berada di di Gunung Muria ini. 
Dan Sesampainya di puncak mereka akan menikmati keindahan sunrise di puncak songolikur yang cukup indah, sekaligus menghirup suasana segar puncak pegunungan.

4. Salam Semliro, Kudus

Masih terletak di lereng gunung Muria, Salam semlira merupakan sebuah lokasi di salah satu desa di lereng muria yang memiliki keindahan alam dan potensi wisata yang mulai dikembangkan. Menikmati udara segar sambil menikmati pemandangan yang cukup indah menjadikan lokasi ini menjadi tujuan wisata favorit bagi kaum muda di wilayah sekitar kota Kudus.

5. Brown Canyon – Tanjungrejo, Kudus

Lokasi ini sering dijadikan tempat untuk latar belakang prewedding dan foto bagi sebagian kaum muda yang ada di kota Kudus. Sebetulnya lokasi ini adalah bekas tambang galian tanah yang tak terurus, namun di tangan kreatif kaum milenial dan dengan sedikit sentuhan editing foto maka akan dihasilkan sebuah karya fotografi dengan latar pemandangan alam yang Indah.

6. Waduk Lawang 9 Babalan , Wilalung

Lokasi ini sebenarnya adalah sebuah waduk atau pintu air yang berfungsi untuk mengatur pembagian an-nur yang berada di sekitar wilayah Kota Kudus dan sekitarnya. Namun ternyata pada saat senja hari lokasi ini mampu menghasilkan sebuah pemandangan yang sangat indah dan layak untuk dijadikan sebagai latar belakang foto indah anda.

7. Waduk Logung, Kudus

Waduk logung belum lama diresmikan di sekitar tahun 2019 akhir kemarin. aduh ini dibuat dengan tujuan untuk bisa mengontrol debit air sehingga mampu meminimalkan resiko banjir dan juga resiko kekeringan pada saat musim kemarau. 

Saat ini di beberapa sudut waduk logung dimanfaatkan sebagai wisata perahu oleh penduduk sekitar dan ternyata juga memiliki spot foto yang cukup indah untuk diabadikan.

8. Gerbang masuk Kota Kudus

Gerbang masuk kota Kudus adalah sebuah bangunan atau monumen yang unik dan artistik yang menjadi landmark baru yang ada di kota Kudus yang terletak di perbatasan antara kota Demak dengan Kota Kudus.

Keindahan bangunan ini akan semakin nampak indah dan cantik pada saat malam hari, ini karena bentuknya yang cukup unik, ditambah dengan hiasan lampu warna-warni yang menyala secara bergantian sehingga cukup indah dan menarik untuk dijadikan sebuah foto.

9. Kawasan Wisata Menara Kudus

Yang terakhir, ini adalah lokasi yang paling populer sejak dulu hingga sekarang. Kawasan masjid menara Kudus. keunikan dan keindahan masjid menara Kudus memang tak pernah bosan untuk dieksplor dari berbagai sudut sehingga mampu menjadikan sebuah seni fotografi yang sangat indah. 

Selain itu kawasan di sekitar masjid menara Kota Kudus ini juga cukup unik dan artistik dengan bangunan-bangunan lama dan lorong-lorong kuno yang ditata tetap sesuai dengan aslinya sehingga menyajikan nuansa zaman dulu yang sangat kental. 
Tidak hanya apa yang sudah kami sajikan diatas, mungkin kota Kudus masih memiliki banyak potensi lokasi wisata dan fotografi yang cukup indah lainnya yang masih bisa kamu explore dan kamu nikmati keindahannya.
Jadi, tidak perlu harus pergi jauh-jauh untuk menikmati keindahan lokasi wisata dan hanya untuk berburi spot foto yang indah. Tetapi temukan dan buat sebuah lokasi itu menjadi lebih indah dengan kreativitas yang kamu bisa. 
Selamat ber explore di Kota Kudus.